Tips Mencari Bahan Pelajaran di Internet


“Melek Internet” menjadi keharusan untuk pelajar khususnya, karena dunia maya ini merupakan “gudang informasi” yang tidak akan ada habisnya dan terus bertambah setiap harinya. Perlu untuk dicermati bahwa tidak semua data dan informasi yang disediakan relevan dengan materi yang sedang dipelajari. Untuk itu kita harus tetap kritis dan berhati-hati sebelum menerima data dan informasi, disertai dengan kita memastikan sumber informasi tersebut layak dipercaya dan data yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu, informasi yang kita peroleh dari internetpun sebaiknya tidak dipandang sebagai informasi yang paling benar, melainkan untuk menambah wawasan dan memperkaya ilmu pengetahuan. Sebaiknya kita mendiskusikan kembali data dan informasi tersebut dengan orang sekitar kita.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan bahan pelajaran di Internet :
  1. Situs pencari, seperti Yahoo! Atau google dapat menjadi awal yang baik. Dengan media ini kita hanya membutuhkan kata kunci untuk mendapatkan data dan informasi yang kita butuhkan. Dengan banyak berlatih, kita akan semakin mahir untuk mendapatkan data dan informasi dengan fasilitas ini sehingga pencarian lebih efektif dan tepat sasaran. Yahoo! dan Google juga menyediakan link khusus untuk pendidikan yaitu Yahoo! Education dan Google Scholar.
  2. Forum-forum diskusi, baik berbentuk board atau mailing list (milis) juga sangat bermanfaat karena kita bisa menjadi aktif bertukar data dan informasi di forum diskusi ini. Apalagi bila kita dapat bergabung dengan forum diskusi yang didalamnya terdapat pakar ilmu yang dibidanginya, tentu hal ini akan memberikan kemajuan yang positif untuk pengetahuan kita.
  3. Situs-situs lembaga pendidikan, terutama yang berbasis di luar negeri. Situs ini biasanya telah dilengkapi dengan silabus dan semacam perpustakaan elektronik yang memuat banyak terbitan ilmian yang bermanfaat.

Dan masih banyak lagi sumber informasi yang bisa digali di internet. Kebiasaan berselancar akan membuat kita lebih memahami bagaimana memperoleh informasi yang dibutuhkan.
Semoga bermanfaat.

Sumber : Pengantar TIK untuk Kelas IX SMP dan MTs, Uji Saputro – Dwi Maryono – Sutrisno, PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, 2009. Hal. 73-74.